Teks Laporan Hasil Observasi Materu UN SMA SMK


Teks Laporan Hasil Observasi

1.        Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi disebut juga teks klasifikasi karena teks tersebut membuat klasifikasi mengenai jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu. Teks laporan hasil observasi berbeda dengan teks deskripsi yang terletak pada sifatnya.
Teks laporan hasil observasi. Namanya juga laporan, berarti di sini kita menjabarkan hasil dari sesuatu yang kita amati (observasi). Kalau teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan sesuatu.
Kita ilustrasikan sebagai berikut
Teks Laporan Hasil Observasi


Nah, bisa kita lihat di sin bahwa teks laporan hasil observasi ini seperti memiliki kepala yang kemudian terbagi-bagi lagi. Beda halnya dengan teks deskripsi yang hanya memiliki satu fokus pembahasan.
            Dari hal tersebut kita bisa menarik kesimpulan bahwa ciri-ciri dari keduanya adalah.
a.       Ciri-ciri teks laporan hasil observasi
-          Bersifat global dan universal (umum).
-          Menekankan pada pengelompokkan berbagai hal.
-          Berkaitan dengan hubungan berjenjang antara sebuah kelas dan subkelas.

1.      Struktur Teks Laporan Hasil Observasi
            Ingat ilustrasi mengenai teks laporan hasil observasi yang disajikan di atas? Ilustrasi tersebut bisa juga kita katakan sebagai struktur mudah dari teks laporan hasil ibservasi: bahwa teks laporan hasil observasi memiliki bagian kepala dan sub kepala yang akan dideskripsikannya.

Teks laporan hasil diawali dengan pernyataan umum atau klasifikasi dan diikuti dengan aspek yang dilaporkan. Pernyataan umum merupakan pembuka atau pengantar tentang apa yang akan dilaporkan, sedangkan aspek yang dilaporkan merupakan perincian dari laporan tersebut.

Contoh.
Jamu

            Jamu adalah ramuan tradisional khas Indonesia yang mempunyai berbagai macam khasiat dan belaangan populer dengan sebutan herbal. Jamu terbuat dari bahan-bahan alamai, berupa bagian dari tumbuhan seperti akar-akaran, daun-daunan, kulit batang, dab buah. Ada juga yang menggunakan bahan dasar dari tubuh hewan, seperti empedu kambing, empedu ular, dan tangkur buaya. Sering kali, kuning telur ayam kampung juga dipergunakan untuk tambahan campuran pada jamu. Jamu umumnya mempunyai rasa pahit sehingga perlu campuran madu sebagai pemanis.
            Ada berbagai macam jenis jamu di Indonesa, diantaranya ada jamu beras kencur, jamu cabe lempuyang, jamu kudu laos, jamu kunir asam, jamu sinom, jamu paitan, jamu kunci suruh, dan masih banyak lagi.
            Jamu beras kencur berkhasiat dapat menghilangkan pegal-pegal pada tubuh dan sebagai penyegar saat habis bekerja. Dengan membiasakan minum jamu beras kencur, tubuh akan terhindar dari pegal-pegal dan linu yang biasa timbul bila bekerjaterlalu payah. Selain itu, beras kencur bisa meringankan batuk dan merupakan seduhan yang tepat untuk jamu batuk.
            Jamu cabe puyang dikatakan oleh sebagain besar penjual jamu sebagai jamu pegal linu. Artinya, untuk menghilangkan cikalen, pegal, dan linu-linu di tubuh, terutama pegal-pegal di pinggang. Namun, ada pula yang mengatakan untuk menghilangkan dan menghindarkan kesemutan, menghilangkan keluhan badan panas dingin atau demam. Seorang penjual mengatakan minuman ini baik diminum oleh ibu yang sedang hamil tua dan bayi yang lahir jika minum oleh ibu yang sedang hamil tua dan bayii yang akan lahir, jika minum jamu ini secara teratur setiap hari bayi akan bersih dan tidak bau amis. Jamu cabe puyang banyak mengandung zat besi dan berkhasiat untu menambah butiran darah merah bagi yang kurang darah.


Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kalimat Definisi dan Kalimat Deskripsi

Unsur-unsur Pembangun Negoisasi

Mengidentifikasi Nilai-nilai dalam Hikayat yang Masih Sesuai dengan Kehidupan Saat Ini