PENGERTIAN NEGOSIASI

NEGOSIASI


Secara umum kata negosiasi berasal dari kata to negotiate, to be negotiating dalam bahasa Inggris yang berarti “merundingkan, membicarakan kemungkinan tentang suatu kondisi, dan atau tawar-menawar”.  Adapun kata-kata turunannya antara lain “negotiation” yang berarti “menunjukkan suatu proses atau aktivitas untuk merundingkan, membicarakan suatu hal untuk disepakati dengan orang lain”, dan “negotiable” yang berarti “dapat dirundingkan, dapat dibicarakan, dapat ditawar”.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan negosiasi adalah prosestawarmenawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok maupun individu) dengan pihak lainnya (kelompok atau individu).
Proses negosiasi dapat terjalin dalam berbagai kegiatan, mulai dari kegiatan yang sangat sederhana seperti tawar-menawar penjual dan pembeli sampai kegiatan yang besar seperti perundingan perdamaian antarnegara.
Dalam mengemukakan pendapat, gagasan, atau komentar pada mitra bicara, kamu harus menggunakan kalimat yang menarik agar mitra bicara tertarik untuk menyetujui pendapat kamu. Ketika kamu hendak menyanggah pendapat, pastikan dilakukan dengan santun agar tidak menyinggung mitra bicara. Usahakan berbicara dengan logis dan argumen yang meyakinkan. Jadi, langkah awal dalam proses negosiasi ini kamu harus terlebih dahulu memiliki banyak informasi dan data ya gaes!
Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan negosiasi agar negosiasi kamu berjalan dengan lancar!
-          Mempersiapkan diri sebaik-baiknya.
Bisa juga dari kesehatan kamu nih gaes! Gak mau kan bersin-bersin atau batuk saat negosiasi? Atau bisa juga dari kesiapan materi yang akan kamu bawakan dan juga tak lupa kamu harus mempunyai banyak informasi. Kalau dalam proses jual beli sih agar kamu bisa dapat harga yang murah.
-          Saling menghormati.
Saling menghormati ini lekat banget lho sama karakter Indonesia. Ibaratnya orang Indonesia itu gpp deh jual harga murah asal pembelinya berprilaku sopan. Pembeli emang raja gaes, tapi jangan seenaknya aja berbicara, apalagi penjualnya ibu-ibu! Pasti bisa dibayangin kan?
-          Mengedepankan diskusi, bukan debat.
Namanya juga negosiasi pastinya harus mengedepankan diskusi, kalau hanya mementingkan ego masing-masing, ya hampir bisa dipastikan deh kalau negosiasi kamu akan batal!
-          Pastikan hasilnya memuaskan, maka perlu sabar.
Ini nih gaes manfaatnya mempunyai banyak informasi mengenai barang yang pengen kamu beli. Jadi ya kalau bisa sebelum deal dengan penjual, maka alangkah lebih baiknya kamu searching dulu produk yang kamu inginkan atau kamu bisa keliling-keliling toko dulu biar dapet harga yang pas gaes.
-          Terbuka dalam mengungkapkan maksud.
Mungkin ini adalah semacam rayuan untuk dapetin harga murah ya gaes! Biasanya penjual akan kasih harga miring ke kamu kalau kamu pasang muka-muka kelelahan dan kelaparan. Gak juga sih ya! Haha...
-          Akhirilah negosiasi dengan positif.

Ini penting banget lho gaes! Sangat-sangat penting malah. Kalau kamu mengakhiri negosiasi dengan marah-marah, bisa ajakan pertemuan selanjutnya saat kamu lagi milih-milih barang langsung diusir sama penjualnya sambil bilang “dasar gak tau malu kau! Kemarin marah-marah sekarang datang lagi ke sini. Pergi kau!” dan dengan langkah yang gontai akhirnya pun kamu pergi dan takkan kembali.


Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kalimat Definisi dan Kalimat Deskripsi

Unsur-unsur Pembangun Negoisasi

Mengidentifikasi Nilai-nilai dalam Hikayat yang Masih Sesuai dengan Kehidupan Saat Ini