Contoh Kalimat Definisi dan Kalimat Deskripsi



Kalimat Definisi
            Kalimat definisi adalah suatu kalimat yang memberikan penjelasan umum tentang suatu benda, hal, aktivitas, dan lain-lain. Kalimat definisi sering digunakan dalam teks laporan dan merujuk pada sebuah istilah teknis atau ilmiah tertentu.
            Pada teks laporan, definisi sering berkatian dengan istilah teknis, yaitu istilah yang hanya digunakan secara khusus pada bidang tertentu. Sebagai contoh, mamalia adalah istilah teknis pada bidang biologi, inflasi adalah istilah teknis pada bidang ekonomi. Dengan demikian, pada bidang biologi mamalia dapat didefinisikan sebagai ‘hewan yang menyusui’. Pada bidang ekonomi, inflasi didefinisikan sebagai ‘keadaan bahwa terdapat lebih banyak barang daripada permintaan’.
            Contoh kalimat definisi yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi yang berjudul Wayang adalah sebagai berikut.
a)      Wayang adalah seni pertunjukan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia.
b)      Wayang golek adalah wayang yang menggunakan boneka karya sebagai pemeran tokoh.
c)      Wayang wong (bahasa jawa yang berarti ‘orang’) adalah salah satu pertunjukan wayang yang diperankan langsung oleh orang.
d)      Wayang suket merupakan tiruan dari berbagai figur wayang kulit yang terbuat dari rumput (bahasa Jawa: suket).

Kalimat Deskripsi
            Kalimat deskripsi adalah kalimat yang dapat berisi gambaran sifat-sifat benda yang dideskripsikan. Sifat-sifat itu antara lain berupa ukuran (besar-kecil, tinggi-rendah), warna (merah, kuning, biru), rasa (manis, pahit, getir, halus,), atau sifat-sifat fisik yang lain.
            Pola kalimat deskripsi gampir sama dengan pola kalimat definisi. Perbedaannnya adalah kalimat deskripsi tidak dapat dibalik seperti kalimat definisi.
            Contoh kalimat deskripsi yang terdapat dalam teks tersebut adalah sebagai berikut.
a.       Wayang ini terbuat dari kulit berbau yag ditatah, dan diberi warna sesuai kaidah pulasan wayang pendalangan, diberi tangkai dari bahan tanduk kerbau bule yang diolah sedemikian rupa dengan nama cempurit yang terdiri dari: tuding dan gapit.
b.      Wayang purwa terdiri atas beberapa gaya atau gagrak seperti, gagrak Kesunanan, Mangkunegaraan; Ngayogyakarta, Banyumasan, Jawatimuran, Kedu, Cirebon, dan sebagainya.
c.       Wayang topeng dimainkan oleh orang yang menggunakan topeng.
d.      Selain wayang golek Sunda yang terbuat dari kayu ada juga wayang menak atau sering juga disebut wayang golek menak karena cirinya mirip dengan wayang golek.

Comments

Popular posts from this blog

Teks Negosiasi | Teks, soal, dan jawaban Terima Kasih Bu Mia

Mengidentifikasi Nilai-nilai dalam Hikayat yang Masih Sesuai dengan Kehidupan Saat Ini